_IDUL FITRI VS IDUL ADHA_

 

Hari kemenangan, iu adalah hari yang ditunggu oleh seluruh umat muslim di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Hari kemenangan itu ialah hari raya idul fitri dan hari raya idul adha , namun terdapat perbedaan antara kedua hari raya terseut apakah perbedaan antara keduanya ?

Jelas sekali terlihat perbedaannya, hari raya idul fitri biasanya dilaksanakan pada tanggal 1 syawal tahun hijriah dan biasanya hari raya idul fitri ini diawali dengan adanya kewajiban puasa sebanyak 1 bulan lamanya dimaksudkan dengan adanya puasa tersebut orang muslimin dapat merasakan bagaimana lapar dan hausnya para fakir dan miskin, selain itu sebelum hari raya idul fitri itu datang orang-orang muslimin diseluruh dunia melakukan zakat fitrah yaitu mengeluarkan sebagian harta yang dimilikinyauntuk dibagikan kepada mereka yang tidak mampu, serta dimaksudkan juga untuk membersihkan harta yang kita miliki. Setelah semua itu dilaksanakan barulah hari raya Idul Fitri dirasakan oleh oleh umat muslim, barulah kemenangan dari menahan hawa nafsu selama satu bulan itu diraih. Biasanya hari raya Idul Fitri orang-orang diseluruh Indonesia tidak terlepas dari kebiasaan atau adat untuk membuat ketupat serta opor ayam, itulah yang menjadi cirri khas hari raya Idul Fitri.

Sedangkan hari Raya Idul Adha ditandai dengan adanya pemotongan hewan qurban dan puasa sebanyak 2 hari namun tidak diwajibkan, masih disunnahkan jadi puasanya boleh dikerjakan namun jika tidak dikerjkan tidak berdosa. Hari raya Idul Adha terjadi pada tanggal 10 Dzulhijjah tahun hijriah, seperti yang akan terjadi di pertengahan bulan November tahun 2010 kali ini, masyarakat sudah banyak yang menjajakan hewan-hewan qurbannya untuk diperjualbelikan, dan masyarakat juga berlomba-lomba untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk membeli hewan qurban, karena dengan membeli hewan qurban dipercaya hewan yang diqurbankan dapat menjadi kendaraan para kaum muslim untuk menuju surge. Di bulan Dzulhijjah ini juga kebiasaan orang-orang Indonesia itu membuat sate karena di bulan ini daging sapid an kambing melimpah ruah.

Itulah keberkahan yang di dapat di hari kemenangan , semoga dengan adanya kemenangan tersebut kita sebagai umat muslim lebih bias menghargai dan menjaga keislaman dan keimanan kita sebagai seorang muslim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s