_Iptek dan Perubahan Masyarakat Pedesaan_

Iptek dan perubahan masyarakat pedesaan

Kehadiran tekhnologi adalah salah satu cirri fisik adanya proses pembangunan. Bentuk ini, bagi kebanyakan masyarakat pedesaan sebagai salah satu unsure baru yang menginfiltrasi lingkungan dan tata nilai ekonomi agraris, tradisional dan kemiskinan serta kebodohan.

Teknologi diperkenalkan di tengah-tengah pola kehidupan yang memang kurang layak dengan maksud menguatkan akselarasi atau revolusi dalam meningkatkan tatanan kehidupan masyarakat yang lebih layak. Penerapan teknologi memerlukan criteria tertentu ia hanya dapat melibatkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang relevan dan spesifik. Masyarakat pedesaan yang agraris, miskin dan tradisional tentu saja akan mengalami diskriminasi dalam memperoleh lapangan pekerjaan yang diciptakan oleh penerapan teknologi, karena itu digelarkannya berbagai bentuk inustrialisasi, sebagi penerapan teknologi, uang bertujuan meningkatkan akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat, hampir-hampir tidak Nampak pengaruhnya, angka pngangguran terus mengalami konesti dan kemiskinan tetap membelenggu masyarakat.

Tingkat dan skala pembangunan di wilayah pedesaan yang tidak merata dapat menimbulkan kesenjangan pada tingkat kesejahteraan masyarakat yang bersangkutan. Kesenjangan itu dapat terjadi pada tingkat angka pengangguran, pendapatan, sarana, dan prasarana social ekonomi lainnya, dalam hal ini Sukirno mengatakan :

Dari masa ke masa jurang kesejahteraan dan tingkat pembangunan diantara daerah miskin dan daerah kaya akan menjadi bertambah lebar dan penyebabnya adalah karena pada umumnya kegiatan sector industry, keuangan dan berbagai kegiatan ekonomi lainnya di daerah yang hanya akan lancer dan menguntungkan jika dibandingkan dengan daerah miskin.

Adanya berbagai kesenjangan tersebut memperlihatkan bahwa daerah miskin tidak mampu berkembang cepat secepat daerah kaya, dipihak lain daerah maju akan lebih maju lagi dan semakin jauh meninggalakan daerah miskin, berbagai efek yang tidak menguntungkan daerah miskin, karena adanya pengembangan teknologi maju dan lebih memicu kemajuan di daerah maju.

Dengan adanya statement diatas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya teknologi memang secara signifkan membawa perubahan bagi masyarakat pedesaan yang mau tidak mau harus mampu bersaing dengan masyarakat kota, namun tak dapat dipungkiri juga bahwa kehadiran teknologi tidak memberikan perubahan bagi kehidupan dan kesejahteraan masyarakat pedesaan, malah semakin memperlihatkan diskriminasinya terhadap pyramidal masyarakat miskin dengan masyarakat kaya.

(Dr.Awan Mutakin dan Drs.Gurniwan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s