ANALISIS JURNAL 2

Judul               : PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN  DENGAN METODE DISKRIMINAN (kasus di PT Gudang Rabat Alfa Retailindo Solo)

 

Pengarang       : Suranto dan Anand Miftachur Riza

 

Tahun              : –

 

Tema                : Strategi Pemasaran berdasarkan perilaku konsumen

 

Sumber            : http://eprints.ums.ac.id/75/

 

l  Latar belakang :  Semakin banyaknya perusahaan yang menawarkan produk dan jasa, maka konsumen memiliki pilihan yang semakin banyak, dengan demikian kekuatan tawar-menawar konsumen semakin besar. Oleh karena itu, perusahaan seharusnya mengetahui apa kebutuhan dan keinginan konsumen, kemudian berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut. Untuk mengetahui perilaku konsumen banyak digunakan berbagai macam metode dan salah satu metode yang sesuai adalah metode diskriminan.

Analisis diskriminan adalah metode statistik untuk mengelompokkan atau mengklasifikasi             sejumlah obyek ke dalam beberapa kelompok, berdasarkan beberapa variabel, sedemikian     hingga setiap obyek yang menjadi anggota lebih dari pada satu kelompok Pada prinsipnya        analisis diskriminan bertujuan untuk mengelompokkan setiap obyek ke dalam dua atau lebih             kelompok berdasar pada kriteria sejumlah variabel bebas. Untuk itu metode ini sangat cocok         untuk menentukan strategi pemasaran prilaku konsumen pada PT Gudang Rabat Alfa.

 

l  Masalah : 1. Apakah terdapat perbedaan perilaku yang nyata antara konsumen yang sering                               berbelanja dengan mereka yang jarang berbelanja di PT. Gudang Rabat Alfa?

2.Apakah variabel yang paling membedakan perilaku para pembeli pada PT. Gudang            Rabat Alfa Retailindo?

3.Apakah variabel harga merupakan variabel yang paling membedakan perilaku  konsumen ‘sering beli’ atau ‘jarang beli’ pada PT. Gudang Rabat Alfa Retailindo?

 

l  Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan perilaku yang nyata antara konsumen yang sering berbelanja dengan mereka yang jarang berbelanja, serta untuk membedakan perilaku kedua kelompok para pembeli, dan untuk mengetahui bahwa variabel harga merupakan variabel yang paling membedakan perilaku konsumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s