ANALISIS JURNAL 1 (Lanjutan)

Judul                : ANALISIS EFEKTIFITAS IKLAN SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PEMASARAN PERSAHAAN PERCETAKAN DAN PENERBITAN RAMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE EPIC MODEL

Tahun              : –

 

Pengarang       : Yudi Farola Bram

 

Tema               : Strategi Pemasaran perusahaan percetakan dan penerbitan

 

Sumber                        : http://digilib.unsri.ac.id/download/Jurnal%20MM%20Vol%203%20No%206%20Artikel%203%20Yudi%20FB.pdf

 

  • Metodologi     : Penelitian ini menggunakan desain riset deskriptif untuk menjelaskan efektifitas  iklan perusahaan percetakan dan penerbitan PT Rambang Palembang terhadap upaya meningkatkan volume penjualan di perusahaan ini. Populasi dan sampel dalam penelitian ini dikelompokkan berdasarkan ciri dan karakteristik tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah convinient sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas iklan yang selama ini digunakan oleh PT Percetakan dan Penerbit Rambang untuk itu variabel yang digunakan dalam analisis ini terdiri dari 4 indikatr yaitu :
  1. Empati
  2. Persuasi
  3. Dampak
  4. Komunikasi

Instrumen dari penelitian tersebut menurut  J. Supranto terdiri dari data primer yaitu data yang dihimpun dari langganan untuk pertama kalinya. Dan data sekunder yaitu data yang dihimpun dalam bentuk yang sudah ada meliputi volume penjualan, sejarah perusahaan, dan jumlah tenaga kerja. Metode yang digunakan yakni dengan melakukan wawancara dan pengamatan langsung. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan yaitu

a)      Uji validitas

b)      Uji reliabitas

c)      Uji normalitas

d)      Analisis tabulasi silang

e)      Skor rata-rata

f)       Analisis regresi linear

 

 

  • Analisis dan hasil  : Hasil analisis penelitia pengukuran efektivitas iklan PT Rambang di media cetak berdasarkan Epic model diketahui dimensi empati, impact, dan komunikasi iklan PT rambang masuk dalam skala rentang efektif,sedangkan dimensi iklan persuasi PT Rambang masuk dalam tentang skala cukup efektif. Dari hasil pengujian di dapat tingkat korelasi yang signifikan antara belanja iklan (X) dengan volume penjualan (Y) yakni sebesar 0.000 dengan tabel korelasi sebagai berikut :

(dalam jutaan)

    Volume penjualan Belanja iklan
Person corelation Volume penjualan

.1000

.956

Belanja ikan

.956

.1000

Sig Volume penjualan

.

.000

Belanja iklan

.000

.

N Volume penjualan

9

9

Belanja iklan

9

9

Sedangkan hasil dari analisis koefesien determinasi menunjukkan koefesien yang efektif antara variabel belanja iklan dengan volume penjualan sebesar 91,3%.untuk analisis dengan menggunakan Uji T, Uji F, dan analisis parameter regresi secara keseluruhan memiliki pengaruh yang efektif antara volume penjualan dengan belanja iklan.

 

 

  • Rekomendasi dan implikasi :

Implikasinya adalah efektifitas iklan dari keempat faktor EPIC tersebut dinyatakan efektif, dan faktor yang paling mendominasi adalah faktor komunikasi .

Sedangkan untuk lebih dapat meningkatkan efektifitas iklan sebaiknya PT Rambang tersebut harus menyusun rancangan program yang lebih efektif lagi diantaranya dengan cara :

a)      Memberikan informasi yang jelas dan mempengaruhi khalayak untuk membeli.

b)      Keputusan mengenai pesan efektif haruslah menarik , spesifik, mudah dimengerti , singkat dan dapat dipercaya.

c)      Dalam pengukuran efektifitas haruslah dapat mengetahui apakah program perencanaa periklanan dan anggaran iklan yanga dikeluarkan tidak sia-sia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s