ANALISIS JURNAL 2 (Lanjutan)

Judul                : PENETUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN Dengan METODE DISKRIMINAN (kasus di PT. Gudang Rabat Retailindo Solo)

Pengarang       : Suranto dan Anand Miftachur Riza

 

Tahun              : –

 

Tema               : Strategi Pemasaran berdasarkan perilaku konsumen

 

Sumber                        : http://eprints.ums.ac.id/75/1/JTI-0401-aug05-03.pdf

 

  • Metodologi     :  Metodologi dari analisis ini adalah menggunakan data primer dan data sekunder dimana data primer di dapat dengan membuat pengisian kuesioner oleh responden, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil penelitian data primer yang dibuat dalam bentuk diagram dan tabel.

Untuk mendapatkan sampel yang falid dalam penelitian ini digunakan metode Stratified Random Sampling yaitu metode penelitian sampel dengan membagi populasi ke dalam kelompok-kelompok yang homogen, sedangkan untuk mengetahui validitas instrument dalam penelitian ini menggunakan korelasi produk moment . selain itu penelitian ini juga menggunakan analisis diskriminana dimana dalam analisis ini seluruh variabel bebas dijadikan satu atau beberapa faktor, setelah itu setiap kelompok akan ditentukan masuk ke faktor yang sesuai.

Tahapan dari penelitian ini meliputi :

Penentuan sampel

ü  Uji validitas

ü  Uji reliabilitas

ü  Analisis Diskriminan

 

 

  • Analisis dan hasil : Dari hasil perhitungan menunjukkan jumlah sampel minimum sebesar 138,30 dengan menggunakan sampel sebanyak 150, dari uji validitas diperoleh hasil bahwa tinggat signifikan tinggi atau dapat dikatakan data yang diperoleh valid

Hasil uji validitas

No resp layout lengkap harga musik AC lampu pelkar pekasir promosi image
1 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3
2 3 3 3 2 3 3 3 3 3 3
150 3 3 3 2 3 3 3 4 2 4
r.hitung .554 .562 .358 .356 .560 .427 .521 .425 .486 .462
ket Valid Valid Valid Valid Valid Valid Valid Valid Valid Valid

Sumber : data yang diolah

Dari hasil uji reabilitas dapat dikatakan bahwa item pada tes tersebut memiliki tingkat reabilitas yang tinggi.

 

 

  • Rekomendasi dan implikasi  :

1.Kesimpulan dari penelitian diatas adalah adanya perbedaan perilaku yang nyata antara konsumen yang sering belanja dengan konsumen yang jarng belanja di PT Gudang Rapat Realindo, Variabel yang paling mempengaruhi kedua kelompok pembeli tersebut adalah variabel harga dan variabel AC, dari sepuluh variabel yang ada delapan variabel bukanlah variabel yang membedakan kedua kelompok tersebut, model diskriminan yang ada ternyata valid dan dapat digunakan.

2. Saran sebaiknya PT Gudang Rabat Retailindo memperhatikan harga produk yang  diberikan serta perlu diadakannya tingkat kesadaran bagi pelanggan yang jarang membeli agar mulai sering membeli dan mempertahankan kelebihan yang ada, serta menutupi kekurangan sehingga terjalin hubungan yang baik.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s