ANALISIS JURNAL 3 (Lanjutan)

Judul : PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN terhadap USAHA PERKEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN MARMER/ONYX di KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG

Tahun : –

Pengarang : Sulastri Rini Rindayani dan M. Astiham

Tema : Strategi Pemasaran terhadap perkembangan Usaha Industri Kerajinan

Sumber : http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/5307431438.pdf

 

• Metodologi : metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel terhadap perusahaan industri kerajinan marmer yang sudah melakukan eksport produk marmer yang berada di Kecamatan Campurdarat. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel penerapan strategi pemasaran sebagai variabel bebas yang meliputi : Produk (X1), harga (X2), Distribusi (X3), Personal selling (X4), pengembangan usaha (X5).

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket tertutup dimana responden hanya memilih jawaban yang telah disediakan. Metode ini digunakan untuk memperoleh data penerapan strategi pemasaran, ketentuan penyekoran metode ini : jawab a (skor 5), jawab b (skor 4), jawab c ( skor 3), jawab d (skor 2), dan jawab e (skor 1).

 

• Analisis dan hasil : Produk (X1) : sebanyak 46,7 % responden menyatakan ukuran produk industri kerajinan marmer sesuai dengan permintaan eksport. Harga (X2) sebanyak 66,7% responden menyatakan penetapan harga produk eksport industri kerajinan marmer sedikit dari harga pasar. Distribusi (X3) sebanyak 43,3 % responden menyatakan cukup sering perusahaan kerajinan industri marmer mengeksport produknya. Personal selling (X5) sebanyak 63,3 % menyatakan bahwa penjual sering menginformasikan produk kerajinan marmer kepad pelanggan. Perkembangan usaha (Y) sebanyak 46,7 % responden menyatajan bahwa volume produk industri kerajinan marmer sering mengalami kenaikan tiap tahunnya.
Dari hasil analisis dengan rumus regresi liniear berganda yangdibantu dengan program SPSS terbukti bahwa semua variabel bebas mempunyai hubungan positif dengan variabel terikat

 

• Rekomendasi dan implikasi :
Dari hasil analisis data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan strategi pemasaran yang merupakan variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap perkembangan usaha industri kerajianan marmer di Kecamatan Campurdarat.
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah dengan mengetahui hasil analisis tersebut maka penerapan strategi pemasaran yang perlu dilakukan dalam perkembangan industri marmer perku ditingkatkan lagi . dengan mengetahui variabel produk merupakan variabel dalam penerapan strategi pemasaran yang paling domianan maka perusahaan industri harus lebih memperhatikan produk yang dihasikan khususnya ukuran, kualitas serta kemasan sehingga dapat meningkatkan perkembangan usaha industri marmer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s