ANALISIS KEEFEKTIFAN PROMOSI PROVIDER IM3 TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Di zaman era globalisasi saat ini handphone bukanlah menjadi sebuah barang yang mewah, melainkan menjadi sebuah barang primer yang dibutuhkan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat di Indonesia bahkan di dunia. Dahulu masyarakat berkomunikasi hanya dengan menggunakan telephone rumah namun kini seiring berkembangnya teknologi fungsi dari telephone rumah digantikan oleh handphone genggam / seluler yang lebih efektif dan efesien dalam penggunaannya. Berikut grafik tingkat perkembangan penggunaan handphone seluler dari t ahun 2005 sampai dengantahun 2008.

Mengutip dari jurnal yang ditulis oleh Jurnal Nasional mengenai “Apresiasi untuk provider dan ponsel terbaik” mengemukakan bahwa pengapresiasian tersebut sengaja dilakukan untuk memperlihatkan bahwa industri seluler Indonesia menjadi bagian tak terpisahkan dari kemajuan bangsa. Serta  memberikan penghargaan terhadap pelaku industri telekomunikasi, operator, dan produsen ponsel atas prestasi dan performa mereka di dunia telekomunikasi Indonesia.

Dengan adanya pengapresiasian tersebut memberikan inspirasi bagi para pengusaha untuk membuat provider handphone terbaik, dengan produk dan layanan yang ditawarkan. Salah satu diantaranya adalah provider IM3.

Semakin berkembang serta beragamnya provider-provider yang memberikan banyak kelebihan, IM3 juga berusaha untuk menciptakan berbagai inovasi promosi bagi para konsumen dengan maksud untuk meningkatkan nilai kepuasan bagi para pelanggan.

Dalam hubungan dengan penciptaan nilai kepuasan bagi pelanggan, dimensi-dimensi yang menjadi fokus pada kualitas produk dan pelayanan, antara lain:

(1). Reputasi (reputation)

(2.) Ciri-ciri atau keistimewaaan tambahan (features)

(3.) Kehandalan (reliability).

(4) Kesesuaian dengan spesifikasi (confirmance to specifications).

(5.) Daya tahan (durability digunakan.

(6.) Kemampuan pelayanan (serviceability)

(7). Estetika (estebility)

Berikut klasifikasi tarif untuk provider IM3 sebagai salah satu bentuk strategi promosi produk, dimana di dalamnya menawarkan berbagai macam paket paket termurah utnuk memenuhi kepuasan pelanggannya

PAKET INDOSAT MOBILE :

Paket

Harian

Mingguan

Bulanan

Harga paket

Rp 2000

Rp 12000

Rp 50000

Telepon ke sesama indosat

150 menit

200 menit

1000 menit

Telepon ke operator lain

20 menit

100 menit

SMS

150

200

1000

Data

1 MB

6MB

30MB

IM3 NONSTOP
Semuanya Murah Serunya Ga Terbatas
IM3 NONSTOP ‘Semuanya Murah Serunya Nggak Terbatas’ memberikan layanan NONSTOP nelpon, SMS, social network, dan musik yang menjadi tren anak muda saat ini. Program ini berlaku untuk pelanggan baru yang melakukan aktivasi mulai tanggal 10 Juni 2011.

Program ini menawarkan Gratis 30 kali Nelpon dan Gratis 500 SMS setelah kirim 2 SMS. Selain itu juga memberikan Gratis akses social network setelah pemakaian data Rp1.000. Program ini juga menawarkan tarif nelpon yang kompetitif dan ditambah dengan diskon nelpon untuk wilayah tertentu di Luar Jawa.

Selain itu, IM3 kini juga menghadirkan IM3 BIANG NGOBROL yang menawarkan 100 menit Nelpon ke sesama indosat di siang dan di malam hari cuma dengan Rp 1000 dan Rp 1500 setiap hari.

Untuk Mendapatkan Paket BIANG NGOBROL, pelanggan IM3 dapat melakukan registrasi dengan cara kirim SMS sebagai berikut :
Paket biang ngobrol Jam Format sms Kirim ke Biaya
Ngobrol siang 00.00-17.00 NGOBROL siang 303 1.000
Ngobrol malam 17.00-24.00 NGOBROL malam 303 1.500

http://www.indosat.com/im3
Inovasi lain yang diberikan Indosat bagi pelanggannya adalah NONSTOP musik melalui Indosat Backstage, yaitu layanan berlangganan untuk mengunduh dan mendengarkan musik sepuasnya. Selama masa promosi pelanggan dapat menikmati bebas biaya berlangganan Backstage untuk bulan pertama. Layanan ini tersedia tidak hanya pada ponsel tetapi juga pada PC pelanggan.

Disisni terlihat bahwa IM3 memberikan begitu banyak pelayanan untuk menarik minat para konsumen untuk tetap menggunakan operator IM3. Mengingat eksistensi IM3 dalam dunia telekomunikasi bisa dapat dikatakan cukup lama. Selain itu meskipun IM3 merupakan naungan dari perusahaan INDOSAT yang bersaing dengan produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan yang sama seperti MENTARI, MATRIX dan STARONE. Namun IM3 mampu menjadi yang terdepan hingga saat ini.

IM3 juga meruapakan salah satu dari sekian banyak provider seluler yang ada, yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia khusunya di kalangan pelajar dan mahasiswa. Ini juga menunjukkan bahwa IM3 telah memikirkan strategi pemasarannya ke dalam pangsa pasar yang lebih luas tidak hanya untuk kalangan pekerja.

RISET TERDAHULU

Pemilihan jenis provider IM3 beserta kekurangan dan kelebihannya

• Freaktechno
Saya sebagai pengguna provider tersebut memilih karena mempunyai kelebihan-kelebihan yaitu banyaknya kalangan anak muda yang menggunakan IM3. Banyaknya pengguna IM3 ini semakin memicu yang lain untuk menggunakan IM3 juga.Kelebihan yang kedua adalah karena terdapat banyaknya pilihan paket-paket pulsa, seperti paket sms, mms, dan juga paket internet. Selain banyaknya pilihan paket, IM3 juga selalu mengikuti perkembangan teknologi, sehingga para penggunanya selalu up to date. Lebih dari itu, yang terpenting adalah sinyal IM3 selalu kuat.

Selain kelebihan, terdapat juga kekurangan IM3 seperti, bonus yang diberikan terkadang tidak menentu. Selain itu IM3 juga mengeluarkan banyaknya syarat dan ketentuan-ketentuan yang berlaku di setiap penawaran tarifnya, seperti ketentuan minimal tarif menelpon untuk mendapatkan bonus gratis 60 menit telepon.

• Nicoagustinus

Sasaran Produk ini bertargetkan anak-anak remaja seperti: anak sekolah,mahasisawa,dsb.

Kelebiahn SIM card ini adalah terletak kepada layanan bonus dan berbagai fasilitas lainnnya. Sebagai contoh seperti : bila kita menggunaka SMS(Short Messages Service) sebanyak 10 buah pengiriman sms tersebut maka kita akan mendapat bonus untuk 10 sms berikutnya dengan harga Rp 0,1. Sedangkan untuk pengiian pulsa sebanya Rp 5000,- kita dapat bonus telepon selama 10 menit. Kemudian untuk pemakai telepon sebesar Rp 2.500,- dalam satu hari kita mendapat bonus telpon gratis sesame anggota ceesan kita. JUga dengan mempunyai pulsa sebesar Rp 1000,- kita dapat menggunakan internet dari handphone selama satu hari.

Sedangakn untuk kekuranganya terletak pada ketidak konsistenya sinyal yang sering turun sehingga menyebabkan card tersebut error untuk sementara dan juga bila kita melkukan interaksi menggunakan HP dengan berisi kartu tersebut seperti melakukan telepon ke seseorang dalam arti kita sebagai transmitter, maka selama kurang lebih 10 menit akan telpon yang kita gunakan terputus.

• Aga ( Desember 2010)

Kelebihan :
internet cepat, sms murah, telpon lumayan murah sesama, masa aktif kartu lama, sinyal bgus.

Kekurangn:
paket internet mahal, intrnet mahal tdk sepert dlu, promo murah intrnet cepat berubah.

 

1.2 RUMUSAN MASALAH

1. Apakah mahasiswa Universitas Gunadarma merasa tertarik dengan promosi yang dilakukan oleh provider IM3?
2. Apakah IM3 mampu bersaing dengan provider-provider yang banyak bermunculan saat ini ?
3. Apakah mahasiswa Universitas Gunadarma sudah merasa puas dengan pelayanan dan inovasi yang dibuat oleh IM3 ?
4. Apakah strategi pemasaran yang dilakukan sudah efektif bagi mahasiswa Universitas Gunadarma?

 

1.3 TUJUAN

1. Untuk memperkirakan atau meramalkan keeksistensian IM3 dimasa yang akan datang
2. Untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Gunadarma yang menggunakan IM3
3. Untuk mengetahui keefektifan strategi pemasaran yang digunakan oleh IM3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s