ANALISIS KEEFEKTIFAN PROMOSI PROVIDER IM3 TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA (lanjutan)

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 EFEKTIFITAS

Nawawi (2003) menyatakan bahwa efektifitas adalah melakukan yang benar (doing the right) dalam upaya pencapaian sasaran. Efektifitas seringkali diartikan sebagai melakukan yang tepat. Yaitu suatu kegiatan atau kerja yang membantu sebuah organisasi mencapai sasarannya.

2.1.2 PROMOSI

Menurut Tjiptono. (2000:219) promosi diartikan sebagai bentuk komunikasi pemasaran yang berupa aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk dan mengingatkan pasar atas perusahaan atau produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal kepada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Jadi promosi merupakan fungsi pemberitahuan, pembujukan dan pengimbasan keputusan pembelian konsekuen. Dalam promosi terjadi proses penyajian pesan-pesan yang ditujukan untuk membantu penjualan barang dan jasa. Promosi merupakan aktifitas pemasaran yang paling kentara dan mungkin paling kontroversial yang secara rutin dilaksanakan oleh perusahaan. Termasuk dalam kegiatan promosi adalah; periklanan, personal selling, promosi penjualan dan publisitaS.

Tujuan Promosi
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

Promotional Mix / Bauran Promosi
Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan prmosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran promosi sebagai berikut :
1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.
2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.

2.2 HIPOTESIS

Hipotesis adalah suatu penjelasan sementara tentang prilaku, fenomena atau keadaan tertentu yang terjadi atau akan terjadi (Kuncoro, 2003 :48)

Faktor-faktor yang mempengaruhi promosi IM3 terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Gunadarma :

• Lingkungan mikro dan makro suatu perusahaan
Lingkungan mikro terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar.
Lingkungan makro meliputi para pesaing yang menjadi acuan perusahaan untuk membuat produk yang lebih baik.

• Para agen jasa pemasaran
Agen jasa yang ada seperti agen periklanan, perusahaan media yang membantu perusahaan dalam rangka mengarahkan dan mempromosikan produknya ke pasar yang tepat

• Pangsa Pasar
Pangsa pasar merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan karena merupakan dengan adanya pangsa pasar produsen dapat menentukan ciri kelompok yang akan dituju seperti halnya pada provider IM3 pangsa pasar yang dituju adalah kalangan mahasiswa dan pelajar.

• Efisiensi
Efisiensi merupakan sejumlah konsep yang terkait pada kegunaan pemaksimalan dan pemanfaatan seluruh sumber daya dalam proses produksi. Bagi provider IM3 keefisienan merupakan hal yang sangat berpengaruh pada inovasi-inovasi yang akan dikembangkan di masa yang akan datang.

• Budaya
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Pengaruh budaya itu sendiri terhadap promosi yang dilakukan oleh provider IM3 sangat berpengaruh, berkat budaya Indonesia yang semakin hari semakin membutuhkan alat komunikasi yang mudah menyebabkan provider IM3 harus mengembangkan strategi pemasaran yang jitu untuk menarik para pelanggannya.

• Price (harga)
harga merupakan faktor yang paling utama bagi setiap pemasaran dari 4 bauran pemasaran yang ada Place, Price, Produk dan Promotion tidak seperti faktor yang lain seperti, produk, distribusi atau promosi, harga adalah satu-satunya faktor bauran pemasaran yang menghasilkan pemasukan keperusahaan (creating revenue), sedang 3P yang lain (produk, place, promotion) adalah biaya (costs ). Dari sisi konsumen pun harga juga merupakan faktor utama mengapa konsumen memilih produk tersebut. Bagi provider IM3 melakukan pemasaran dengan memainkan harga jelas menjadi pertimbangan yang utama karena sangat terlihat tingkat efisiensi nya.

• Kepuasan pelanggan
Menjadi faktor penting dalam melakukan pemasarana sebab konsumen atau pelangganlah yang menjadi sasaran perusahaan dalam memperkenalkan produk yang dikeluarkan.

Dari beberapa faktor yang ada dapat ditarik kesimpulan bahwa pangsa pasar, efisiensi, budaya, kepuasan pelanggan, lingkungan mikro perusahaan, para agen jasa perusahaan serta harga merupakan faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran bagi povider IM3.

Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah :
H1 : ada pengaruh terhadap promosi yang dilakukan IM3 dengan kepuasan mahasiswa Universitas Gunadarma sedangkan H0 : tidak ada pengaruh terhadap promosi yang dilakukan IM3 dengan kepuasan mahasiswa Universitas Gunadarma


2.3 PENGEMBANGAN HIPOTESIS

Dapat dikatakan hampir dari seluruh masyarakat memilih provider atau operator IM3 karena di dukung oleh faktor promosi yang telah disebutkan diatas. Terutama pada sasaran pasar yang dilakukan oleh IM3 untuk kalangan pelajar dan mahasiswa selain itu faktor harga juga sangat berpengaruh karena IM3 dapat memberikan harga yang dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarak selain itu feature yang ditawarkan oleh IM3 juga tak kalah menarik, mengingat pangsa pasar saat ini sangat lekat kaitannya dengan trend yang ada dan IM3 mampu bersaing dengan banyaknya provider-provider lain yang bermunculan saat ini.

2.4 TINJAUAN PENELITIAN TERDAHULU

Yudi Farola Bram (jurnal )“Analisis efektifitas iklan sebagai salah satu strategi pemasaran perusahaan percetakan dan penerbitan PT Rambang dengan menggunakan metode epic model”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas iklan yang sudah dilakukan oleh PT Rambang sebagai salah satu strategi yang telah dilakukan.

Pujianto (jurnal) “Strategi Pamasaran Produk Melalui Periklanan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kefektifan periklanan sebagai salah satu strategi pemasaran.

Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (2007) “Analisis Pengaruh Media Iklan terhadap Pengambilan Keputusan Membeli Air Minum dalam Kemasan Merek AQUA pada Masyarakat Palembang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh iklan terhadap keputusan membeli pada konsumen air minum dalam kemasan merek AQUA, untuk mengetahui iklan yang paling tepat dan efektif yang digunakan PT. AQUA

2.5 METODE ANALISIS DATA

Metode Deskriptif
Analisis metode deskriptif yaitu metode penganalisisan data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengklasifikasian, menganalisa dan menginterprestasikan data sehingga dapat memberikan gambaran jelas mengenai masalah yang dihadapi (Sugiyono, 2003: 142)

Metode statistik
Metode statistik dilakukan dengan melakukan pengolahan dari kuesioner yang ada dengan menggunakan analisis regresi berganda dan korelasi untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara variabel Y (kepuasan konsumen) dengan variabel X (media promosi). Analisis ini akan dibantu denagn bantuan SPSS for Windows Realeas 11,5 . Model analisis yang digunakan adalah :

Y= a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + e

Keterangan
Y = kepuasan mahasiswa
a = konstanta
b1,b2,b3 = koefesien regresi
X1 = promosi melalui televisi
X2 = promosi melalui radio
X3 = promosi melalui papan reklame
E = error

Selain itu juga dapat dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan karaktreistik konsumen dan efektifitas pemasaran dalam membentuk citra di kalangan mahasiswa berupa frekuensi, rataan , presentase tabulasi silang dan rataan skor uji rank spearmen dengan menggunakan program SPSS versi 13.00 for widows
Rank spearman
Rs = 1 – 6∑d²
N(N²-1)

Keterangan
Rs = niai koefisien rank spearman
d = disparitas (X1-X2)
N = banyaknya pengamatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s