ANALISIS KEEFEKTIFAN PROMOSI PROVIDER IM3 TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA (lanjutan)

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1 MODEL PENELITIAN

A. Variabel Promosi (X)
Yaitu apreasiasi dari mahasiswa Universitas Gunadarma terhadap promosi melalui media iklan televisi (X1), media iklan radio (X2) dan media papan reklame (X3) yang dilakukan perusahaan IM3 terhadap tingkat kepuasan

B. Variabel kepuasan mahasiswa (Y)
Yaitu bagaimana mahasiswa Universitas Gunadarma merasa puas dengan promosi yang dilakukan oleh perusahaan IM3

3.2 DATA DAN VARIABEL

Media televisi (X1) promosi yang dilakukan oleh IM3 melalui media televisi dengan berbagai inovasi dari segi artis yang digunakan, aransement musik yang menarik, waktu penayangan yang relatif standar dengan kemurahan tarif-tarif yang ditawarkan menggambarkan IM3 mampu menarik minat para konsumen.

Media radio (X2) promosi yang dilakukan oleh IM3 melalui radio ditonjolkan dengan penggunaan musik untuk mempromosikan produknya mengingat radio merupakan media audio. menggambarkan IM3 mampu menarik minat para konsumen.

Media papan reklame (X3) promosi yang dilakukan oleh IM3 melalui media papan reklame dikemas dengan berbagai inovasi dari segi model penulisan yang digunakan, kualitas gambar yang bagus serta tata letak papan di lokasi yang strategis menggambarkan IM3 mampu menarik minat para konsumen.

Kepuasan Mahasiswa (Y) menunjukkan bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap promosi-promosi yang dilakukan oleh IM3 mulai dari inovasi iklan serta kemurahan tarif yang ditawarkan.

3.3 TEKNIK PENGUMPULAN DATA

Data dikumpulkan dengan memberikan kuesioner kepada mahasiswa secara acak dari berbagai fakultas.

3.4 SUMBER DATA

a. Data primer
Yaitu data yang diperoleh atau dengan survei lapangan yang menggunakan semua metode pengumpulan data original. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kueisoner untuk memperoleh data dari para responden.

b. Data sekunder
Yaitu data yang telah dikumpulkan oleh lembaga pengumpul data. Untuk memperoleh data sekunder, peneliti melakukan studi pustaka, penelaan majalah-majalah dan internet

3.5 TAHAPAN PENELITIAN

– Membuat kuesioner
– Menentukan isi pertanyaan dari masing-masing variabel
– Menetukan seberapa banyak objek yang akan diteliti
– Survey dan pengumpulan data awal
– Pengolahan data
– Menganalisis serta menarik kesimpulan

3.6 SAMPEL DAN POPULASI

Populasi yang ditentukan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Gunadarma kampus E yang menggunakan provider IM3 . dengan sampel yang diambil sebanyak 126 orang dari berbagai fakultas dan jurusan. Jumlah tersebut diambil berdasarkan pertimbangan sebagai jumlah yang cukup mewakili populasi. Responden dalam penelitian ini dipilih berdasarkan metode pengambilan sampel yang bersifat non-probability sampling yakni accidental samplin yaitu dengan memilih sampel dari orang yang mudah dijumpai atau diakses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s