ANALISIS KEEFEKTIFAN PROMOSI PROVIDER IM3 TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA (lanjutan)

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1 HASIL PENELITIAN

Program promosi yang dilakukan oleh PT indosat IM3 sebagai bentuk proses komunikasi kepada pelanggan mengharapkan adanya umpan balik. Umpan balik tersebut berupa kesadaran konsumen untuk mengambil keputusan dalam melakukan pembelian terhadap provider IM3. Pada penelitian ini telah dilakukan survey terhadap 126 orang responden sebagai sampel.

4.2 ANALISIS DESKRIPTIF

Pada penelitian ini terdapat 4 (empat) variabel, yang terdiri dari satu variabel terikat yaitu Variabel keputusan membeli (Y) dan tiga Variabel bebas yaitu Media televisi (X1), media radio (X2) dan media papan reklame (X3).

4.2.1 MEDIA TELEVISI (X1)

Variabel dari media televisi diukur dengan menggunakan 9 items pernyataan. Berikut ini merupakan item dari pernyataan yang ada beserta persentase jawaban responden yang rata-rata memilih setuju terhadap pernyataan yang diajukan:
• Isi berita 65,34%
• Kualitas gambar 56,35%
• Tema iklan 58,37%
• Latar belakang 68,25%
• Musik 58,73%
• Bintang iklan 64,29%
• Jam tayang 69,84%
• Lama waktu 73,02%
• Frekuensi tayang 71,43%
Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kegiatan promosi provider IM3 melalui media pertelevisian menunjukkan tingkatan yang memuaskan konsumen dengan rata-rata tingkat kepuasannya mencapai 91,44 persen.

4.2.2 MEDIA RADIO (X2)

Variabel dari media radio diukur dengan menggunakan 9 items pernyataan. Berikut ini merupakan item dari pernyataan yang ada beserta persentase jawaban responden yang rata-rata memilih setuju terhadap pernyataan yang diajukan:
• Isi berita 65,87%
• Kualitas suara 61,11%
• Tema iklan 68,25%
• Latar belakang 66,67%
• Musik 71,43%
• Bintang iklan 75,40%
• Jam tayang 72,22%
• Lama waktu 70,63%
• Frekuensi tayang 71,43%
Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kegiatan promosi provider IM3 melalui media radio menunjukkan tingkatan yang memuaskan konsumen dengan rata-rata tingkat kepuasannya mencapai 77,60 persen.

4.2.3 MEDIA PAPAN REKLAME (X3)

Variabel dari media televisi diukur dengan menggunakan 9 items pernyataan. Berikut ini merupakan item dari pernyataan yang ada beserta persentase jawaban responden yang rata-rata memilih setuju terhadap pernyataan yang diajukan:
• Isi berita 73,02%
• Kualitas gambar 76,98%
• Tema iklan 74,60%
• Latar belakang 76,19%
• Ukuran papan reklame 68,25%
• Ukuran huruf 71,43%
• Lokasi 71,43%
• Alat penerangan 66,67%
• Frekuensi tayang 71,43%
Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kegiatan promosi provider IM3 melalui media radio menunjukkan tingkatan yang memuaskan konsumen dengan rata-rata tingkat kepuasannya mencapai 84,83 persen.

4.2.4 VARIABEL KEPUASAN KONSUMEN (Y)

Variabel kepuasan konsumen provider IM3 diukur dengan tiga item pernyataan. Berikut ini merupakan item dari pernyataan yang ada beserta persentase jawaban responden yang rata-rata memilih setuju terhadap pernyataan yang diajukan:
• Cukup puas 48,41%
• Puas 58,73%
• Sangat puas 61,11%
Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kegiatan promosi yang dilakukan provider IM3 telah berhasil membuat konsumen merasa puas terhadap produk-produk yang ditawaekan oleh provider merk Im3 dengan rata-rata kepuasan mencapai 90,21 persen.

4.3 ANALISIS STATISTIK

Analisis Statistik digunakan dalam penelitian ini karena data yang ada merupakan data sampel, sehingga untuk dapat membuat suatu kesimpulan yang dapat dijadikan ukuran terhadap parameter dalam populasi perlu dilakukan pengujian secara statistik. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda karena ada lebih dari satu variabel bebas.
Sebelum dilakukan analisis regresi, terlebih dahulu dilihat hubungan antara variabel dengan korelasi. Dengan menggunakan bantuan paket program SPSS for windows versi 14 diperoleh nilai koefesien korelasi antara variabel dan hasil pengujian yang menunjukkan bahwa variabel yang ada memiliki hubungan positif yang signifikan antara satu variabel dengan variabel lainnya dengan taraf nyata 5 %. Hal ini menunjukkan semakin baik promosi yang dilakukan oleh provider M3 dengan menggunakan berbagai macam media promosi akan semakin berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan provider IM3 di kalangan Mahasiswa Universitas Gunadarma.

4.3.1 ANALISIS REGRESI BERGANDA

Analisis regresi digunakan untuk melihat pengaruh media iklan televisi, media iklan majalah dan media iklan papan reklame terhadap kepuasan pengguna provider IM3 dikalangan mahasiswa Universitas Gunadarma. Model persamaan yang digunakan adalah :

Y= a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + e

Dari pengolahan data yang dilakukan di dapat persamaan regresi untuk model kepuasan konsumen yang terbentuk adalah sebagai berikut :

Y= -0,755 + 0,649(X1) – 0,463(X2) – 0,042(X3) + e

Dari hasil analisis regresi tersebut diatas terlihat bahwa dari ke tiga variabel bebas yang diamati terdapat satu variabel positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu media televisi (X1), sedangkan yang tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen terdapat pada media majalah (X2) dan papan reklame (X3).

4.4 PEMBAHASAN

Pada hasil Analisis Regresi, koefisien regresi variabel iklan televisi (X1) mempunyai parameter sebesar 0,649, yang ternyata memiliki nilai yang paling tinggi daripada koefisien regresi lainnya. Adapun interpretasi dari parameter tersebut adalah menyatakan bahwa setiap penambahan 1 satuan variabel iklan televisi maka akan meningkatkan kepuasan konsumen sebesar 0,649. Hal ini menunjukkan bahwa variabel iklan televisis secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan. Hal ini berarti faktor tersebut, baik secara parsial maupun kumulatif dengan variabel lain secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan. Implikasinya adalah bahwa untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa Gunadarma terhadap promosi-promosi yang dilakukan oleh provider IM3 di masa yang akan datang atau dengan kata lain untuk menjaga keeksistensian perusahaan IM3 maka variabel iklan televisi merupakan variabel dominan yang perlu diperhatikan oleh perusahaan.

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 KESIMPULAN


Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa :

– Promosi yang dilakukan melalui media iklan televisi, majalah dan papan reklame secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Gunadarma.
– Secara parsial, terlihat bahwa dari tiga variabel bebas yang ada hanya satu variabel bebas yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan yaitu variabel media televisi.
– Dengan media iklan televisi provider IM3 juga dapat meramalkan keeksistensiannya di masa yang akan datang

5.2 SARAN

Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh diatas, untuk dapat meningkatkan kepuasan konsumen terhadap promosi yang dilakukan oleh provider IM3 maka disarankan sebagai berikut :

1. Pihak manajemen hendaknya dapat memilih media iklan yang efektif, yaitu melalui media televisi.
2. Melakukan penyempurnaan terhadap kegiatan promosi yang dilakukan
3. Perlu adanya kajian lebih lanjut tentang faktor lain selain dari ke tiga media yang telah diteliti yang dapat mempengaruhi konsumen terhadap tingkat kepuasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s