Perilaku Konsumen online: Suatu Tinjauan dan Agenda Penelitian Masa Depan

REVIEW

Perilaku Konsumen online: Suatu Tinjauan dan Agenda Penelitian Masa Depan
Christy M. K. Cheung, Lei Zhu, Timothy Kwong,
Gloria W.W. Chan, Moez Limayem

Abstrak

Topik perilaku konsumen online telah diperiksa di berbagai konteks selama bertahun-tahun. Meskipun peneliti dari berbagai disiplin bisnis telah membuat kemajuan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir, ruang lingkup dari studi ini masih luas, studi tampil relatif terfragmentasi dan tidak ada model teoritis pemersatu yang ditemukan. Dalam pandangan ini, kami memberikan kajian mendalam mengenai literatur dan mengusulkan kerangka kerja penelitian dengan tiga blok bangunan kunci (niat, adopsi, dan kelanjutan) untuk menganalisis perilaku konsumen online dengan cara yang sistematis. Kerangka kerja ini diusulkan tidak hanya memberikan tampilan yang kohesif mengenai perilaku konsumen online, tetapi juga berfungsi sebagai pedoman bagi para peneliti.

Pendahuluan

Perilaku konsumen Online telah menjadi sebuah penelitian dengan meningkatkan jumlah publikasi per tahun. Artikel-artikel penelitian muncul dalam berbagai jurnal dan prosiding konferensi di bidang sistem informasi, pemasaran, manajemen, dan psikologi. Sebuah tinjauan dari artikel ini menunjukkan bahwa sebagian besar peneliti menarik teori-teori dari penelitian perilaku konsumen klasik, seperti belajar perilaku (Skinner, 1938), penelitian kepribadian (Folkes 1988), pengolahan informasi (Bettman 1979), dan model sikap (Fishbein 1967). Selain itu, pemeriksaan dekat literatur di daerah ini menunjukkan bahwa sebagian besar komponen teori perilaku konsumen telah diterapkan untuk mempelajari perilaku konsumen online. Namun, aplikasi ini tidak sesederhana hanya meminjam komponen dan menerapkannya.
Sebuah tinjauan penelitian konsumen online mengungkapkan bahwa lingkup penelitian yang diterbitkan agak luas, studi tampil relatif terfragmentasi dengan hasil yang bertentangan, dan penelitian sebelumnya hanya sedikit (misalnya, Jarvenpaa dan Todd 1996, Koufaris et al, 2001) telah mencoba untuk meninjau dan mengembangkan kerangka kerja untuk studi ini bidang penelitian yang penting. Dalam lapisan ini, tujuan dari penelitian ini adalah:
(1) untuk memberikan review sistematis dan lengkap dari penelitian perilaku konsumen online
(2) untuk mengidentifikasi konstruksi penting yang spesifik untuk konteks pembelian online
(3) untuk mengusulkan terintegrasi kerangka kerja yang meningkatkan pemahaman kita tentang faktor pendorong yang mendasari perilaku konsumen online
(4) untuk memberikan arah untuk penelitian masa depan di daerah ini.

Metodologi

Sebanyak 351 artikel dalam bidang perilaku konsumen online diidentifikasi dari 1994 sampai April 2002. Untuk setiap studi untuk dimasukkan dalam analisis kami, harus fokus terutama pada perilaku beli konsumen di Web. Salinan elektronik dari artikel sebagian besar diperoleh dari perpustakaan digital dan database online. Mereka disimpan dan dianalisa dengan menggunakan perangkat lunak EndNote.

-Teori yang mendasari dan Kerangka

Sebagai bagian dari analisis kami, kami mengidentifikasi teori-teori yang digunakan oleh penulis 351 makalah yang disurvei. Temuan menunjukkan bahwa Teori beralasan Aksi (TRA) dan teori-teori keluarganya termasuk Technology Acceptance Model (TAM) dan Teori Perilaku Rencana (TPB) adalah teori-teori dominan di daerah ini. Oleh karena itu, harus kami mencoba untuk mengeksplorasi teori-teori baru dan kerangka kerja dan menyelidiki perilaku konsumen online dari perspektif yang berbeda.

-Kerangka Perilaku Konsumen online

Analisis kami menunjukkan bahwa perilaku konsumen online masih terfragmentasi. Sebagai contoh, peneliti seperti Goldsmith (2000) dan. Jarvenpaa et al (2000) menyimpulkan bahwa kepercayaan di sebuah toko Internet adalah penentu menonjol dari belanja online. Akhirnya, Lee (1999) difokuskan pada pembelian kembali online dan berpendapat bahwa kepercayaan konsumen dan kepuasan konsumen adalah kunci pendahulunya pembelian berlanjut.
Melalui pemeriksaan dekat literatur yang ada, lima wilayah domain utama yang menjelaskan faktor penting perilaku online terdiri dari karakteristik individu / konsumen, pengaruh lingkungan, produk / jasa karakteristik, karakteristik media, dan pedagang perantara online dan karakteristik diidentifikasi.merupakan faktor penting lain yang dapat menjelaskan perilaku online.

-Konsumen Niat Pembelian Online, Adopsi, dan Niat kelangsungannya adalah kunci dari kerangka yang diusulkan tentang perilaku konsumen online

a. Niat Pembelian Konsumen Online Berdasarkan teori tindakan beralasan dan teori-teori terkait lainnya di wilayah penelitian ini, faktor kunci dari sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan sebagian besar didalilkan sebagai penentu niat pembelian konsumen online (misalnya Bhattacherjee 2000, Tertarik et al, 2000, Limayem et al, 2000.).

b. Pembelian Konsumen online (Adopsi) Seperti kasus niat pembelian konsumen online, peneliti (misalnya Chau et al, 2000, Goldsmith dan Jembatan 2000, Koufaris et al, 2001, Limayem et al, 2000, Raijas dan Tuunainen 2001, Vellido et al, 2000) luas digunakan model teoritis sikap dalam studi pembelian konsumen online dan diselidiki secara menyeluruh faktor-faktor anteseden seperti niat, sikap, norma subyektif, kontrol perilaku yang dirasakan, kemudahan penggunaan, dan kegunaan dirasakan.

c.Konsumen online Repurchase (kelanjutan) Penelitian kelanjutan dalam masa pertumbuhan. (2001a) studi terbaru Bhattacherjee adalah salah satu dari usaha-usaha pertama untuk menjelaskan perilaku konsumen pembelian kembali online. Model yang diusulkan nya dirumuskan atas dasar harapan dan teori konfirmasi (ECT)

-Kesimpulan dan Agenda Masa Depan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis mendalam tentang literatur di bidang perilaku konsumen online. Sebuah kerangka penelitian disarankan untuk lebih memahami studi yang ada dan untuk menyoroti penelitian-penelitian yang ada di daerah. Temuan kami menunjukkan bahwa literatur tentang perilaku konsumen online agak terfragmentasi. Kebanyakan penelitian menyelidiki niat dan adopsi dari belanja online saat kelanjutan perilaku (pembelian kembali) . Selain itu, analisis kami membantu untuk mengidentifikasi arah beberapa penelitian masa depan

ALASAN MENGAPA JURNAL TERSEBUT DIBUAT

Menurut kesimpulan yang saya dapatkan jurnal tersebut dibuat sehubungan dengan adanya kegiatan pembelian secara online yang mengalami begitu banyak kemajuan, serta penelitian yang mengungkapkan hal tersebut juga telah muncul di berbagai jurnal. Namun si peneliti dalam jurnal ini masih menganggap bahwa jurnal-jurnal yang mereka temukan mengenai “perilaku konsumen online” masih banyak kekurangan, mereka mengangap bahwa sehingga ruang lingkup dari studi merdahulu masih luas, studi tampil relatif terfragmentasi dan tidak ada model teoritis pemersatu yang ditemukan. Untuk itu para penulis jurnal ini menguslkan berbagai literatur serta kerangka yang baik dalam menyusun jurnal mengenai “perilaku konsumen online”.

KEKURANGAN DARI JURANAL

Jurnal yang telah dibuat oleh Christy M.K Cheung, Lei Zhu, Timothy Kwong,
Gloria W.W. Chan, dan Moez Limayem yang berjudul “Perilaku Konsumen Online; Suatu Tinjauan dan Agenda Penelitian Masa Depan” hanya mengungkapkan bagaimana literatur-literatur dan kerangka kerja yang baik untuk meneliti perilaku konsumen secara online dengan berpacu kepada penelitian-penelitian yang telah ada sebelumnya di daerah yang mereka gunakan untuk meneliti. Para peneliti tidak mencantumkan secara khusus kebiasaan masyarakat yang menggunakan media online sebagai sarana untuk memenuhi kbutuhannya,serta tidak mengambil beberapa sampel dari masyarakat di daerah yang mereka teliti. Seharusnya di dalam jurnal tersebut ada baiknya si penulis sedikit menggambarkan hal-hal apa saja yang diperlukan bagi para konsumen untuk menjadi consumer di media online. Sehingga para peneiti selanjutnya yang akan menjadikan jurnal tersebut sebagai jurnal acuan di masa yang akan datang dapat mengetahui seperti apa pola para konsumen di media online, bukan hanya mendapatkan informasi mengenai literatur-literatur yang telah ada sebelumnya.

referensi :http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:nGdKCC6pCwcJ:ecom.fov.uni-mb.si/proceedings.nsf/0/c9beda3ca328c8b7c1256ea1002c72b8/$FILE/16Cheung.pdf+international+journal+consumer+behaviour&hl=id&gl=id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s