Analisis Jurnal sesuai dengan petunjuk penulisan naskah .

AKSES PEKERJA PEREMPUAN BANTUL DALAM PEMULIHAN EKONOMI PASCA BENCANA
Eko Hartanto
Fakultas Ekonomi
Universitas Gunadarma

 Judul
Didalam petunjuk penulisan naskah, nama penulis harus mencantumkan alamat penulis lengkap dengan emailnya sedangkan didalam jurnal ini tidak terdapat alamat email penulis.

 Abstrak
Didalam abstrak sudah memuat tujuan, metode penelitian, dan hasil kata kunci yang digunakannya pun tidak lebih dari 5 kata. Dapat dikatakan abstrak dalam penulisan ini sudah sesuai dengan petunjuk penulisan naskah.

 Pendahuluan
Pendahuluan dalam penulisan ini sudah sesuai dengan petunjuk penulisan naskah.

 Tinjauan Pustaka
Dalam menuliskan kutipan, penulis sudah konsisten namun proporsi dari penjelasan kutipan terlalu banyak dan panjang. Contohnya : “Penelitian Sajida dan Sabir Alvi (2002) memfokuskan pada pengembangan karier perempuan Indonesia terutama perempuan yang telah memperoleh kesuksesan dalam kariernya. Penelitiannya dilakukan melalui interview yang mendalam terhadap sekelas orang perempuan Indonesia yang dinilai berhasil dalam membangun karir mereka mencapai puncak karirnya. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan seseorang dalam membangun karirnya dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor; antara lain faktor mikrosistem yang meliputi keluarga, rumah, sekolah, proses sosialisasi dan sistem nilai dan kepercayaan. Dari penuturan para perempuan tersebut nampak bahwa pengaruh lingkungan pendidikan dan pengalaman mereka pada masa kanak-kanak termasuk dalam hal ini adalah contoh nyata dari orang tua dan keluarga serta kelas sosial keluarga sangat besar andilnya terhadap keberhasilan mereka meraih puncak karir. Para perempuan yang berhasil dalam karirnya ditemukan memiliki cara-cara yang kreatif untuk memadukan beberapa peran yang mereka emban : peran sebagai perempuan, sebagai profesional, sebagai istri, dan juga sebagai ibu bagi anak-anak mereka. Seperti umumnya perempuan Indonesia, mereka juga memiliki komitmen yang kuat terhadap kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga.”

 Metode Penelitian
Dalam metode penelitian, pengukuran konsep, metode pemilihan sampel dan pengumpulan data penelitian sudah cukup jelas. Namun, teknik analisis belum dapat menggambarkan secara rinci mengenai teknik penelitian.

 Hasil dan Pembahasan
Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini hanya memuat sekitar 20% dari proporsi penulisan yang seharusnya paling tidak 50% dari penulisan. Dalam proporsi penulisan ini, lebih banyak memuat tinjauan pustaka.

 Kesimpulan dan Saran
Dalam kesimpulan, sudah memuat jawaban dari tujuan penelitian. Hasil penelitian dipaparkan secara ringkas dan jelas seperti “Pekerja perempuan dalam penelitian ini telah mempunyai akses yang besar untuk meningkatkan posisi pekerjaannya yaitu 53% lebih sudah mempunyai usaha sendiri yang berawal dari keahliannya sebagai pengrajin dengan keuletan mengembangkan kemampuan diri hingga berhasil membangun usaha kerajinan sendiri”.
Dalam saran yang disampaikan sudah cukup baik dengan memotivasi pembaca untuk melakukan penelitian didaerah lain yang tertimpa musibah bencana alam.

 Daftar Pustaka
Daftar pustaka sudah disusun berdasarkan alphabetic namun ada beberapa yang tidak sesuai urutan penulisan naskah seperti “Wijaya, Krisna, 2007, Ekonomika Banjir, Kompas, selasa, 6 Februari 2007 : 21 “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s