Asuransi Ingkar Janji (tulisan)

Asuransi Ingkar Janji

Mengikuti asuransi bertujuan untuk memberikan jaminan atas suatu risiko kerugian yang bisa timbul karena alamiah (kematian) atau karena kecelakaan (lalu lintas, kebakaran, dsb.). Ketaatan dan kedisiplinan membayar premi mewujudkan itikad baik Tertanggung dalam berkontrak. Namun seringkali ada praktik penyimpangan oleh unsur pelaku usaha, baik eksekutif, agen, atau bahkan kebijakan perusahaan. Contoh-contoh yang bisa dikemukakan diantaranya adalah:

a. PT GHIJK menolak klaim asuransi nasabahnya karena setoran premi asuransi dari nasabah itu dilarikan oleh Agen. Meski ditengarai bahwa perusahaan asuransi itu telah melakukan maladminstrasi dalam pengelolaan hubungan dengan pelanggan, tapi perusahaan itu tetap menolak mengakui keabsahan pembayaran oleh konsumen dan bahkan tidak mengambil tindakan yang diperlukan untuk membantu konsumen menyelesaikan masalah ini.

b. PT ABCDE tak diketahui lagi keberadaannya sehingga nasabah tidak bisa mengajukan klaim. Belakangan diketahui bahwa perusahaan asuransi ini telah dilikuidasi. Sayangnya tidak ada penjelasan pada para nasabah kemana mereka bisa mengajukan klaim. Bahkan ternyata, semua polis nasabah sudah pernah diminta oleh Direktur pada waktu itu, dengan janji untuk dibantu pencairannya. Namun, sampai kini tidak terdengar kabar beritanya.

http://www.bisnisberetika.blogspot.com/2010/11/contoh-kasus-pelanggaran-etika.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s